Loading...

Thursday 22 December 2011

Interrupt Acknowledge ( INTA )


Ada dua mode yang dapat digunakan pada mikroprocessor 8088, yaitu mode minimum dan mode maksimum. Pena yang menjadi penentu penggunaan mode adalah pena MN/MX. Mode minimum biasanya digunakan untuk sistem yang sederhana yang umumnya menggunakan processor pada satu PCB. Sedangkan mode maksimum umumnya digunakan untuk sistem yang lebih kompleks yang menggunakan multi I/O dan memori yang terpisah serta dapat pula digunakan dengan co-processornya (co-processor untuk 8088 adalah 8087).
Interrupt Acknowledge ( INTA ) merupakan salah satu Sinyal yang berfungsi hanya pada mode minimum ( mode maksimum tidak digunakan ). Sinyal ini secara khusus digunakan sebagai tanggapan terhadap suatu instruksi INTR.


Selain INTA juga ada sinyal-sinyal yang lain yang berfungsi hanya pada mode minimum ( mode maksimum tidak digunakan ) antara lain:
1.      Sinyal tulis (WR).
Sinyal ini aktif rendah. Jika sinyal ini berlogic 0, berarti µP sedang melaksanakan operasi tulis data ke unit memori atau I/O.
2.      Sinyal kontrol memori dan I/O ( IO/M ).
Jika pena ini berlogic 0, berarti saat ini pada siklus bus sedang berlangsung operasi input/output. Jika pena ini berlogic 1, berarti saat ini pada siklus bus sedang berlangsung operasi memori.
3.      Address Latch Enable (ALE).
Sinyal ini digunakan sebagai penahan alamat yang baru masuk dalam suatu proses siklus mesin. Sinyal ini dapat digunakan untuk di multipleks dengan alamat, data, dan status.
4.      Pengiriman dan penerimaan data ( DT/R ).
Jika sinyal ini berlogic 1, arah data adalah dari µP menuju keluar. Jika sinyal ini berlogic 0 maka arah data dari luar menuju µP.
5.      Data Enable ( DEN ).
Sinyal ini biasanya digunakan untuk meng”on”kan buffer (latch) yang dihubungkan ke bus data.
6.      Hold Request ( HOLD).
Bila logika 1 diberikan pada pena HOLD, µP akan menghentikan kegiatan dan melepas bus yang berhubungan dengan unit memori dan I/O, sehingga hal ini memberikan kesempatan bagi proses lain untuk mengambil alih sistem.
7.      Hold Acknowledge (HLDA) Sinyal ini digunakan sebagai pengakuan dari µP bahwa sinyal HOLD telah diterima dan sistem dapat diambil alih oleh processor lain.

0 comments: