Loading...

Friday 25 February 2011

VISUAL BASIC

Visual Basic
             Visual Basic merupakan bahasa peprograman yang umum digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi kasir ataupun keuangan. Tetapi tidak menutup kemungkinan  Visual Basic digunakan untuk membuat aplikasi lain seperti permainan hingga untuk membuat virus. [CAS05].    
Hingga saat ini  Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dikuasai oleh programmer, terutama programmer pemula. Kemudahan dalam mempelajari bahasa pemrograman Visual Basic atau biasa disingkat VB ini merupakan salah satu alasan bahasa pemrograman ini tetap digunakan sampai sekarang walaupun sudah ada bahasa pemrograman lain yang lebih canggih.
Tetapi bukan hanya programmer saja yang menggunakan bahasa pemrograman ini, menurut survey pada tahun 2005, lebih dari 62% perusahaan pengembang software juga menggunakan bahasa pemrograman ini dalam pengembangan software buatan mereka. Sejarah Visual Basic mengalami perjalanan panjang hingga berbentuk seperti sekarang ini.
a.       Awal dan Perkembangan Visual Basic
Sebelum adanya Visual Basic, terlebih dahulu muncul bahasa pemrograman BASIC pada awal tahun 1960-an di Darthmouth College, Amerika. Bahasa BASIC ini merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami, sehingga para programmer pada masa itu mempelajari bahasa ini sebagai bahasa pemrograman pertamanya. Hingga pada tahun 1982 IBM memperkenalkan PC pertamanya dan Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk digunakan pada PC ini. 
Tidak lupa Microsoft menyertakan pula bahasa BASIC di dalam system operasi MS-DOS ini yang dikenal dengan nama QBASIC (QuickBasic). Tetapi seiring berjalannya waktu, dan munculnya system operasi Windows pada tahun 1990-an dan menggantikan MS-DOS, tetapi karena antusias pengguna terhadap bahasa QBASIC. Microsoft kemudian memperkenalkan bahasa Basic khusus Windows yang dikenal dengan Microsoft Visual Basic. Hingga saat ini, Visual Basic sudah hadir dalam 10 versi. Berikut peluncuran dari masing-masing versi.
1.      Pada tahun 1991 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 1.0
2.      Pada tahun 1992 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 2.0
3.      Pada tahun 1993 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 3.0
4.      Pada tahun 1996 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 4.0
5.      Pada tahun 1997 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 5.0
6.      Pada tahun 1998 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 6.0
7.      Pada tahun 2003 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 7.0
8.      Pada tahun 2005 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 8.0
9.      Pada tahun 2008 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 9.0
10.  Pada tahun 2010 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 10.0
b.      Kemampuan dan Kemudahan Visual Basic
Untuk dapat menggunakan Visual Basic sebagai alat untuk membuat aplikasi, kita harus menginstall terlebih dahulu software Visual Basic ini ke dalam komputer. Kita bisa mendapatkan versi terbaru dari Visual Basic ini di situs resmi miscrosoft.
Setelah kita install Visual Basic ke dalam computer, kita bisa langsung mulai membuat aplikasi-aplikasi sesuai dengan keinginan. Untuk panduan penggunaan Visual Basic sendiri bisa kita dapatkan dari fasilitas Help yang ada di software ataupun dengan membeli buku-buku panduan Visual Basic yang banyak tersedia.
Kemudahan penggunaan bahasa BASIC yang merupakan awal dari Visual Basic ternyata juga diadopsi oleh Visual Basic. Di dalam bahasa Visual Basic ini  kita akan lebih mudah membuat suatu aplikasi karena Visual Basic sudah mendukung pembuatan aplikasi Graphical User Interface dimana komunikasi antara pengguna dengan komputer dilakukan melalui tampilan grafis.
Selain itu perintah yang digunakan dalam Visual Basic ini juga mendekati bahasa sehari-hari jadi kita tidak akan begitu kesulitan untuk mengingat perintah yang akan kita berikan. Kecepatan dalam proses eksekusi program juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri dari Visual Basic. Dan setelah kita membuat suatu aplikasi, kita bisa membuat file installasi dari aplikasi tersebut terpisah dari software Visual Basic.
Jadi kita bisa membuka aplikasi tersebut tanpa perlu menginstall terlebih dahulu Visual Basic kedalam komputer yang belum terinstall software Visual Basic ini. Dengan segala kelebihan dan kemudahan serta sejarah Visual Basic yang panjang, tidak salah jika Visual Basic menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer.

0 comments: