Loading...

Wednesday 23 February 2011

SEJARAH SOFTWARE

Sejarah Perkembangan Software
1.Fortran
Pertama kali komputer ditemukan oleh Mauchly Eckert dan Von Neuman tahun 1945. Komputer tersebut diberi namaENIAC (Electronic Numerical Integerator and Calculator) bersifat elektronik, computer tersebut memiliki software dengan kemampuan melakukan 500 operasi per detik dan sudah termasuk memiliki kemampuan yang hebat pada waktu itu. Tetapi penggunaannya masih sangat sulit karena perintah yang disusun software tersebut harus berupa kode biner, misal perintah :
READ C
V=C+32.4
WRITE V
STOP
END
Maka perintah yang harus dimasukkan adalah :
1101101110110111011011…
Dapat kita bayangkan penulisan suatu program pada komputer akan memakan waktu yang lama dan sangat rumit. Karena pada komputer tersebut processor yang ada hanya dapat mengerti bilangan biner (1 & 0) saja.
Sehingga pada tahun 1950 seorang ahli dari pabrik computer IBM John Backus berhasil mengembangkan FORTRAN (FORmula TRANslation), bahasa FORTRAN ini cukup mudah dan efektif penggunaannya sehinga sangat popular untuk aplikasi di bidang sains.[TID99].
Seperti yang kita ketahui sebelumnya komputer hanya dapat membaca bilangan biner,lalu bagaimana dengan FORTRAN?.Pada FORTRAN para ahli sudah menyusun ‘kamus’ untuk menterjemahkan bahasa fortran ke dalam bahasa mesin yang disebut COMPILER dan prosesnya disebut COMPILATION.Sehingga komputer harus bekerja dengan tiga tahap yaitu:
a.   COMPILATION
Yaitu tahap penterjemahan bahasa FORTRAN menjadi bahasa mesin dengan bantuan COMPILER FORTRAN.COMPILER FORTRAN merupakan ‘bahan mentah’ yang perlu ditambah beberapa komponen lain agar dapat dieksekusi.


b. LINK
Yaitu tahap penambahan komponen agar menjadi ‘bahan jadi’ yang siap dieksekusi dengan bantuan program LINKER.
c. EXECUTION
Selanjutnya FORTRAN berkembang menjadi generasi lanjutan secara bertahap menjadi FORTRAN II,FORTRAN IV dan sampai sekarang FORTRAN 77.Semakin baru versi FORTRAN maka akan semakin banyak variasi perintah yang ada,sehingga perintah dalam FORTRAN versi lama akan dapat digunakan pada versi terbaru tetapi sebaliknya perintah dalam FORTAN versi baru belum tentu dapat digunakan pada FORTRAN versi lama.
FORTRAN II sempat popular dijamannya dan sampai FORTRAN IV yang pemakaiannya sangat luas dan terkenal cukup ampuh, sehingga mulai dari tahun 60an sampai sekarang FORTRAN IV masih sangat sering digunakan walaupun FORTRAN 77 telah muncul sebagai versi terbaru dari FORTRAN.
2.LISP
Pada awalnya, bahasa pemrograman LISP dirancang untuk komputer IBM 704 oleh John McCarthy.McCarthy merancangnya selama tahun 1956 sampai dengan 1958, mulai mengimplementasikannya tahun 1959 pada saat berada di MIT, dan mempublikasikan reference manual pertamanya pada tahun 1960. LISP yang dirancang berdasarkan lambda calculus ditujukan sebagai bahasa fungsional untuk memanipulasiformula simbolik. Dipandang dari sudut sejarah perkembangan bahasa pemrogaraman, LISP memberi pengaruh pada rancangan dan implementasi dari bahasa-bahasa berikut:
a. ALGOL60
Yaitu bahasa prosedural yang dirancang khusus oleh salah  satu kelompok di Eropa  untuk menyaingi FORTRAN dengan menambahkan proses rekursif.
b. LOGO
Yaitu bahasa fungsional yang ditujukan untuk mengajarkan matematika secara mudah.
c. FORTH
Yaitu bahasa fungsional yang ditujukan untuk aplikasi sains dan teknologi yang berkecepatan tinggi dan mempunyai ukuran program yang relatif kecil.
Dengan berjalannya waktu, LISP berkembang menjadi media komunikasi dari komunitas artificial intelligence atau inteligensi buatan.Dalam lingkup aplikasi inteligensi buatan itu, LISP sudah digunakan sebagai bahasa publikasi dari algoritma.
Saat ini sudah banyak muncul dialek-dialek dari LISP, diantaranya  yang sangat menonjol  adalah CommonLISP dan Scheme. Salah satu pemroses bahasa LISP yang mengimplementasikan dialek CommonLISP adalah GCLISP (Golden CommonLISP).
Dalam uraian selanjutnya, tulisan ini akan membahas dialek LISP yang lebih dekat dengan CommonLISP. Hal ini disebabkan CommonLISP dianggap sebagai dialek yang lebih mewakili kebutuhan mayoritas kelompok.Secara umum, dipandang dari sudut perkembangan karakteristik bahasa pemrograman, bahasa LISP memunculkan beberapa karakteristik inovatif. Diantaranya yang sangat penting dan menonjol sehingga menjadi ciri utama bahasa LISP adalah:
a. Fungsi sebagai unit program dasar
b. List sebagai struktur data dasar
c. Struktur data dinamik
d. Fasilitas untuk garbage collection
e. Penggunaan ekspresi simbolik, dan bukannya numerik
f. Ekspresi rekursif dan kondisional sebagai struktur kontrol utama
g. Fungsi EVAL untuk mengevaluasi kalimat LISP secara interaktif sehingga pemroses bahasa umumnya berbentuk interpreter dengan siklus: "read-eval-print".
Bahasa LISP, yang dirancang berdasarkan lambda kalkulus, juga mempunyai beberapa ciri tambahan. Ciri tambahan ini digunakan untuk membedakan jenis bahasa fungsional murni dengan yang tidak murni.dimana LISP termasuk dalam kelompok bahasa fungsional tidak murni. Ciri tersebut adalah:
a. Adanya fasilitas untuk menghapus nilai.
Dalam bahasa fungsional murni, ketidakadaan fasilitas untuk menghapus nilai menyebabkan: jika suatu nama sudah di-binding dengan suatu nilai tertentu, maka nama tersebut harus tetap nilainya sesuai dengan lingkup (scope) nama tersebut.[GHB82].
b. Adanya urutan kalimat.
Dalam bahasa fungsional murni, urutan kalimat tidak diperlukan karena seluruh pemrograman dapat dilakukan dengan prinsip komposisi fungsi yang ditunjang oleh fungsi bersarang dan pemanggilan fungsi.
Selain ciri-ciri tersebut diatas, masih ada beberapa hal penting yang perlu dinyatakan secara eksplisit karenamenjadi kekuatan dan sekaligus menjadi ciri LISP, yaitu:
a.      program dan data tidak dibedakan, karena keduanya direpresentasikan sebagai ekspresi simbolik, dan
b.     menggunakan mekanisme passing parameter call by need, atau mekanisme evaluasiparameter yang dikenal dengan istilah: lazy evaluation atau delayed evaluation, yaitu: sebuah ekspresi dievaluasi hanya jika ekspresi lain sudah memerlukan nilainya.

3.Micro-soft
Paul Allen dan Bill Gates memulai kerjasama mereka pada tahun 1975 pada saat mereka melihat Altair 8800 of MITS(Micro Instrumentation and Telemetry Systems) yg merupakan PC mini pertama yg dikomersialkan, kemudian mereka mendapat ide untuk membuat bahasa pemograman komputer BASIC( dibuat hanya dalam waktu 24 jam). Setelah mendapatkan lisensi mereka sepakat untuk menamakan kerjasama mereka “Micro-soft”.[CAS05].
4. Mikrosoft Cobol
COBOL adalah bahasa pemrograman komputer, digunakan oleh orang yang akan memberikan instruksi-instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan persoalan bisnis. karena orientasinya pada suatu masalah, bahasa ini sering disebut juga dengan istilah Problem Oriented Language.COBOL merupakan High Level Language, bahasa awam yang ditulis menggunakan instruksi dalam bahasa inggris.
COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer yang tersedia kompiler COBOLnya.COBOL diciptakan pada tahun 1959.Pengembangan bahasa COBOL selanjutnya dilakukan oleh suatu group yang disebut CODASYL (COnference on DAta SYstem Language).
Bahasa COBOL pertama kali diperkenalkan secara resmi atau formal pada bulan Januari 1960.Versi dari bahasa COBOL ini disebut dengan COBOL-60.Dan diperbaharui pada tahun 1965.Bila suatu bahasa komputer tidak standar, dalam arti banyak versinya, maka menyulitkan pemakai untuk menerapkannya, pemakai harus menyesuaikan versi dari COBOL yang dipakai oleh komputer tertentu. Untuk mengatasi masalah hal ini, pada tahun 1968 dan 1974 bahasa COBOL dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut dan distandardisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standards Institute ).ANSI COBOL ini yang sekarang banyak diterapkan oleh sejumlah pabrik-pabrik komputer. Dengan adanya standardisasi, pemakai tidak terlalu sulit menggunakan bahasa COBOL versi yang berbeda, karena inti dari bahasa ini sama.
Misalnya untuk komputer mikro, yang menggunakan sistem operasi CP/M atau MS-DOS atau PC-DOS, perusahaan software Microsoft, mengembangkan bahasa COBOL yang disebut dengan COBOL-80 atau MS-COBOL.Walaupun versi dari bahasa COBOL berbeda yaitu COBOL-80 tetapi berdasarkan dari standar ANSI (American National Standards Institute), sehingga sifatnya standar.
Dengan bahasa COBOL, tinggal menulis instruksi dengan kata bahasa inggris seperti ADD, MOVE, MULTIPLE, READ, WRITE dan sebagainya.Kata-kata yang dipergunakan dalam bahasa COBOL disebut COBOL Reserved Words. Disamping COBOL reserved words, yang merupakan kata-kata yang sudah ditetapkan oleh bahasa COBOL, yang mempunyai arti tertentu, pemakai bahasa ini dapat membuat sendiri kata-kata ( User Defined Words) untuk mendefinisikan suatu nama tertentu.
Program bahasa COBOL merupakan program terstruktur , yaitu program yang strukturnya jelas, mudah dibaca, dan mudah dipelajari, dan baik untuk dokumentasi. Struktur utama dari suatu program COBOL terdiri dari 4 Divisi yaitu:

a.     Identification Division
Informasi mengenai identitas program (nama program, si pembuat, tanggal dibuat, tanggal dikompilasi, dan lainnya.)
b.     Environment Division
Informasi mengenai keadaan komputer dan alat-alat lain yang dipergunakan.
c.      Data Division
Informasi mengenai bentuk, jenis dari data apa saja yang dipergunakan dalam program bersangkutan
d.     Procedure Division
Informasi yang memuat prosedur pemrosesan data yang datanya tampak pada Data Division untuk dihasilkan outputnya.
Dari apa yang dapat dikerjakan oleh COBOL, konsep COBOL orientasinya pada permasalahan bisnis sebenarnya dapat untuk semua permasalahan yang berhubungan dengan pengolahan data. Misalnya, pengolahan data mahasiswa, yaitu memproses data input mahasiswa, sampai dihasilkan output informasi mendetail tentang mahasiswa bersangkutan, juga dapat dikerjakan oleh COBOL.
Dari uraian-uraian diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengguna bahasa COBOL mempunyai beberapa keuntungan, diantaranya:
1.     Program COBOL dibuat dalam instruksi bahasa inggris, sehingga lebih mudah dipelajari dan dibuat.
2.     Program COBOL sesuai untuk pengolahan data yang banyak diterapkan pada permaslahan.
3.     Program COBOL sifatnya standard, sehingga dapat dipergunakan pada komputer-komputer yang berbeda, tanpa banyak perbedaan.
4.     Struktur program COBOL jelas, sehingga dapat dimengerti oleh orang seperti akuntan, auditor, atau manajer-manajer yang hanya mempunayai pengetahuan pengolahan data yang sedikit.
5.     COBOL menyediakan fasilitas Listing Program, bilamana perlu dapat diperiksa oleh orang lain selain programer.
6.     Mudah didokumentasikan dan dikembangkan bilamana perlu.
5. Visual Basic
            Visual Basic merupakan bahasa peprograman yang umum digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi kasir ataupun keuangan. Tetapi tidak menutup kemungkinan Visual Basic digunakan untuk membuat aplikasi lain seperti permainan hingga untuk membuat virus. [CAS05].
Hingga saat ini Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dikuasai oleh programmer, terutama programmer pemula. Kemudahan dalam mempelajari bahasa pemrograman Visual Basic atau biasa disingkat VB ini merupakan salah satu alasan bahasa pemrograman ini tetap digunakan sampai sekarang walaupun sudah ada bahasa pemrograman lain yang lebih canggih.
Tetapi bukan hanya programmer saja yang menggunakan bahasa pemrograman ini, menurut survey pada tahun 2005, lebih dari 62% perusahaan pengembang software juga menggunakan bahasa pemrograman ini dalam pengembangan software buatan mereka. Sejarah Visual Basic mengalami perjalanan panjang hingga berbentuk seperti sekarang ini.
a.      Awal dan Perkembangan Visual Basic
Sebelum adanya Visual Basic, terlebih dahulu muncul bahasa pemrograman BASIC pada awal tahun 1960-an di Darthmouth College, Amerika. Bahasa BASIC ini merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami, sehingga para programmer pada masa itu mempelajari bahasa ini sebagai bahasa pemrograman pertamanya.Hingga pada tahun 1982 IBM memperkenalkan PC pertamanya dan Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk digunakan pada PC ini.
Tidak lupa Microsoft menyertakan pula bahasa BASIC di dalam system operasi MS-DOS ini yang dikenal dengan namaQBASIC (QuickBasic). Tetapi seiring berjalannya waktu, dan munculnya system operasi Windows pada tahun 1990-an dan menggantikan MS-DOS, tetapi karena antusias pengguna terhadap bahasa QBASIC. Microsoft kemudian memperkenalkan bahasa Basic khusus Windows yang dikenal dengan Microsoft Visual Basic.Hingga saat ini, Visual Basic sudah hadir dalam 10 versi.Berikut peluncuran dari masing-masing versi.
1.     Pada tahun 1991 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 1.0
2.     Pada tahun 1992 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 2.0
3.     Pada tahun 1993 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 3.0
4.     Pada tahun 1996 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 4.0
5.     Pada tahun 1997 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 5.0
6.     Pada tahun 1998 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 6.0
7.     Pada tahun 2003 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 7.0
8.     Pada tahun 2005 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 8.0
9.     Pada tahun 2008 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 9.0
10.  Pada tahun 2010 Microsoft mengeluarkan Microsoft Visual Basic Versi 10.0
b.     Kemampuan dan Kemudahan Visual Basic
Untuk dapat menggunakan Visual Basic sebagai alat untuk membuat aplikasi, kita harus menginstall terlebih dahulu software Visual Basic ini ke dalam komputer.Kita bisa mendapatkan versi terbaru dari Visual Basic ini di situs resmi miscrosoft.
Setelah kita install Visual Basic ke dalam computer, kita bisa langsung mulai membuat aplikasi-aplikasi sesuai dengan keinginan. Untuk panduan penggunaan Visual Basic sendiri bisa kita dapatkan dari fasilitas Help yang ada di software ataupun dengan membeli buku-buku panduan Visual Basic yang banyak tersedia.
Kemudahan penggunaan bahasa BASIC yang merupakan awal dari Visual Basic ternyata juga diadopsi oleh Visual Basic. Di dalam bahasa Visual Basic ini  kita akan lebih mudah membuat suatu aplikasi karena Visual Basic sudah mendukung pembuatan aplikasi Graphical User Interface dimana komunikasi antara pengguna dengan komputer dilakukan melalui tampilan grafis.
Selain itu perintah yang digunakan dalam Visual Basic ini juga mendekati bahasa sehari-hari jadi kita tidak akan begitu kesulitan untuk mengingat perintah yang akan kita berikan. Kecepatan dalam proses eksekusi program juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri dari Visual Basic. Dan setelah kita membuat suatu aplikasi, kita bisa membuat file installasi dari aplikasi tersebut terpisah dari software Visual Basic.
Jadi kita bisa membuka aplikasi tersebut tanpa perlu menginstall terlebih dahulu Visual Basic kedalam komputer yang belum terinstall software Visual Basic ini. Dengan segala kelebihan dan kemudahan serta sejarah Visual Basic yang panjang, tidak salah jika Visual Basic menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer.
6. Word Processing Progam
Pada awalnya Word Processor bukan berasal dari teknologi komputer .Tetapi merupakan evolusi dari kebutuhan penulis yang menggunakan mesin tik. Lalu secara berlahan Word processor berpindah dari mesin tik menjadi mesin komputer.[WST06].
Awal Word Processor adalah tahun 1867 saat Christhoper Latham menemukan mesin tik.Tetapi pada awalnya masih sedikit orang yang mau menggunakan mesin tik.Hal ini yang memnyebabkan terjadinya evolusi pada mesin tik. Tahun 1878 ditemukannya tombol shift pada mesin tik. Perkembangan mesin pun terus berlanjut dengan ditemukannya mesin tik listrik oleh Thomas Alva Edison Tahun 1872.Mesin tik terus berkembang hingga akhir tahun 1940an.
Pada beberapa tahun kemudian kurang lebih tahun 1950an di temukannya komputer yang dapat melakukan Word Process.Mesin ini ditemukan oleh Ulrich Steinhilper mekanik dari IBM.Tahun 1969 IBM mengeluarkan Mag Cards. Mag Cards ini berfungsi untuk menyimpan tulisan .Sehingga tulisan tersebut bisa dipanggil lagi.Kelemahan Mag Cards adalah hanya dapat menyimpan 1 halaman dokumen saja. Bila ingin menyimpan lebih banyak harus menggunakan Mag Cards yang lain. 1970 ditemukannya Flopy Disk yang dapat menyimpan data sebnayak 80 hingga 100 halaman dan bisa juga digunakan untuk menyimpan program.
Baru pada tahun 1987 ditemukan program untuk pengejaan kata dan cek surat. System ini diberi namaStar Information System. Baru beberapa tahun kedepan banyak program beredar untuk word processor.Seperti WordStar yang di terbitkan oleh microprocessor.Microsoft Word oleh Microsoft.



7. Maxis
Maxis Software adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang didirikan sebagai pembuat permainan video yang sekarang menjadi bagian dari EA  (Electronic Arts). Permainan yang pertama kali dibuat oleh perusahaan ini adalah SimCity, sebuah permainan simulasi pembangunan kota. Maxis juga membuat permainan yang sangat terkenal di dunia, The Sims dan kelanjutannya The Sims 2, dan sebuah permainan terbaru bernama Spore.Empat permainan ini adalah permainan yang paling populer dan sudah tersebar di seluruh dunia.[WST06].
Kebanyakan permainan yang dibuat Maxis berjenis simulasi, terlebih dahulu tidak ada yang tertarik pada simulasi tradisional. Pendiri Maxis, Will Wright menyebut mereka sebagai tempat bermain digital. Maxis juga merilis permainan yang dibuat oleh perusahaan lain, seperti A-Train dan SimTower.
Maxis dibentuk di tahun 1987 oleh Will Wright dan Jeff Braun untuk membantu menerbitkan SimCity supaya bisa dimainkan di komputer pribadi. Dahulu, permainan tersebut hanya bisa dimainkan di komputer berbasis Commodore 64 karena sedikitnya penerbit permainan untuk membentuk permainan pada komputer dengan basis yang lain atau porting.Alasannya, SimCity bukanlah permainan kampungan yang menentukan "menang" dan "kalah".Konsep ini membuat SimCity menjadi salah satu permainan paling populer dan tersukses.
SimCity kemudian membuat sekuel berikutnya seperti SimCity 2000 (1993),SimCity 3000 (1999), SimCity 3000: Unlimited (2000), SimCity 4 (2003), dan saat ini SimCity Societies (2007).Maxis juga menerbitkan permainan non-Sim,contohnya RoboSport (1991) dan 3D Pinball for Windows (1995), yang merupakan permainan standar Windows.Maxis tidak ikut serta dalam pembuatan Simcity Societies. Electronic Arts lebih memilih Tilted Mill Entertainment dalam memproduksi Simcity Societies
Setelah sukses menerbitkan sekuel SimCity, Maxis berusaha membuat permainan simulasi lainnya.Beberapanya adalah SimAnt, SimFarm, SimEarth, SimLife, SimTower, dan SimIsle.
8.  Windows
a.   Windows 1.0
Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985.Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager, akan tetapi Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi Microsoft bahwa nama "Windows" akan lebih "memikat" konsumen. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, tapi hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis. Selain itu, Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan yang sama yang dimiliki oleh MS-DOS.[WST06].
Lebih jauh lagi, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara "tile" saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Selain itu, tidak ada semacam tempat yang digunakan untuk menyimpan berkas sebelum dihapus (Recycle Bin), karena memang Apple berkeyakinan bahwa mereka memiliki hak terhadap paradigma tersebut.Microsoft pun kemudian membuang limitasi tersebut dari Windows dengan menandatangani perjanjian lisensi dengan Apple.
b.   Windows 2.x
Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya.Sebagian besar popularitasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, yaituMicrosoft Excel for Windowsdan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.
Microsoft Windows akhirnya memperoleh peningkatan signifikan saat Aldus PageMaker muncul dalam versi untuk Windows, yang sebelumnya hanya dapat berjalan di atas Macintosh.Beberapa ahli sejarahwan komputer mencatat ini sebagai kemunculan sebuah aplikasi yang laku secara signifikan selain buatan Microsoft sebagai awal kesuksesan Microsoft Windows.
Windows versi 2.0x menggunakan model memori modus real, yang hanya mampu mengakses memori hingga 1 megabyte saja.Dalam konfigurasi seperti itu, Windows dapat menjalankan aplikasi multitasking lainnya, semacam DESQview, yang berjalan dalam modus terproteksi yang ditawarkan oleh Intel 80286.
c.   Windows 2.1x
Selanjutnya, dua versi yang baru dirilis, yakni Windows/286 2.1 dan Windows/386 2.1.Seperti halnya versi Windows sebelumnya, Windows/286 menggunakan model memori modus real, tapi merupakan versi yang pertama yang mendukung HMA (High Memory Area).Windows/386 2.1 bahkan memiliki kernel yang berjalan dalam modus terproteksi dengan emulasiEMS(Expanded Memory Specification) standar LIM (Lotus-Intel-Microsoft), pendahulu spesifikasi XMS (Extended Memory Specification) yang kemudian pada akhirnya mengubah topologi komputasi di dalam IBM PC. Semua aplikasi Windows dan berbasis DOS saat itu memang berjalan dalam modus real, yang berjalan di atas kernel modus terproteksi dengan menggunakan modusVirtual 8086, yang merupakan fitur baru yang dimiliki oleh Intel 80386.
d.   Windows 3.0
Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990.Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual.Versi ini pulalah yang menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh. Hal ini disebabkan dari peningkatan performa pemrosesan grafik pada waktu itu (dengan adanya kartu grafis Video VGA (Graphics Array)), dan juga modus386 Enhanced yang mengizinkan aplikasi Windows untuk memakai memori lebih banyak dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh MS-DOS.
Windows 3.0 dapat berjalan di dalam tiga modus, yakni modus real, modus standar, dan modus 386 Enhanced, dan kompatibel dengan prosesor-prosesor keluarga Intel dari Intel 8086/8088, 80286, hingga 80386. Windows 3.0 akan mencoba untuk mendeteksi modus mana yang akan digunakan, meski pengguna dapat memaksa agar Windows bekerja dalam modus tertentu saja dengan menggunakan switch-switch tertentu saat menjalankannya
Versi 3.0 juga merupakan versi pertama Windows yang berjalan di dalam modus terproteksi, meskipun kernel 386 enhanced mode merupakan versi kernel yang ditingkatkan dari kernel modus terproteksi di dalam Windows/386.
Karena adanya fitur kompatibilitas ke belakang, aplikasi Windows 3.0 harus dikompilasi dengan menggunakan lingkungan 16-bite, sehingga sama sekali tidak menggunakan kemampuan mikroprosesor Intel 80386, yang notabennya adalah prosesor 32-bit.
Windows 3.0 juga hadir dalam versi "multimedia", yang disebut dengan Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, yang dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dibundel dengan keberadaan "multimedia upgrade kit", yang terdiri atas drive CD-ROM dan sebuah sound card, seperti halnya Creative Labs Sound Blaster Pro.Versi ini merupakan perintis semua fitur multimedia yang terdapat di dalam versi-versi Windows setelahnya, seperti halnya Windows 3.1 dan Windows for Workgroups, dan menjadi bagian dari spesifikasi Microsoft Multimedia PC.
Fitur-fitur yang disebutkan di atas dan dukungan pasar perangkat lunak aplikasi yang semakin berkembang menjadikan Windows 3.0 sangat sukses di pasaran.Tercatat, dalam dua tahun sebelum dirilisnya versi Windows 3.1, Windows 3.0 terjual sebanyak 10 juta salinan.Akhirnya, Windows 3.0 pun menjadi sumber utama pemasukan Microsoft, dan membuat Microsoft melakukan revisi terhadap beberapa rencana awalnya.
9. OS/2
Selama pertengahan hingga akhir 1980an, Microsoft dan IBM bekerja sama dalam mengembangkan sebuah sistem operasi penerus DOS, yang disebut sebagai IBM OS/2. OS/2 dapat menggunakan semua kemampuan yang ditawarkan oleh mikroprosesor Intel 80286 dan mampu mengakses memori hingga 16 Megabyte. OS/2 1.0 dirilis pada tahun 1987, yang memiliki fitur swapping dan multitasking, selain tentunya mengizinkan aplikasi MS-DOS untuk berjalan di atasnya.
OS/2 versi 1.0 hanyalah sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks/command line saja.OS/2 versi 1.1 yang dirilis pada tahun 1988 menawarkan antarmuka grafis, yang disebut dengan PM (Presentation Manager). Presentation Manager ini menggunakan sistem koordinat yang sama dengan koordinat Cartesius, berbeda dengan sistem operasi Windows dan beberapa sistem GUI lainnya. Penggunaan sistem koordinat tersebut menyebabkan titik x,y 0,0 pada OS/2 diletakkan pada pojok kiri bawah layar, sementara pada Windows, peletakannya pada pojok kiri atas. OS/2 versi 1.2, yang dirilis pada tahun 1989, memperkenalkan sebuah sistem berkas baru, yang disebut dengan HPFS (High Performance File System), yang ditujukan untuk menggantikan sistem berkasFAT(File Allocation Table).
Pada awal-awal tahun 1990an, hubungan antara Microsoft dan IBM pun meregang akibat munculnya sebuah konflik. Hal ini dikarenakan mereka saling bekerja sama dalam mengembangkan sistem operasi komputer pribadi masing-masing (IBM dengan OS/2 dan Microsoftdengan Windows-nya), keduanya memiliki akses terhadap kode masing-masing sistem operasi. Microsoft menghendaki pengembangan lebih lanjut dari sistem operasi Windows buatannya, sementara IBM memiliki hasrat bahwa semua pekerjaan masa depannya haruslah dibuat berdasarkan sistem operasi OS/2. Dalam sebuah percobaan untuk mengakhiri konflik ini, IBM dan Microsoft akhirnya setuju bahwa IBM akan mengembangkan IBM OS/2 versi 2.0, untuk menggantikan OS/2 versi 1.3 dan Windows 3.0, sementara Microsoft harus mengembangkan sebuah sistem operasi baru, OS/2 versi 3.0, yang akan kemudian menggantikan OS/2 versi 2.0.
Persetujuan ini pun tidak berlangsung lama, sehingga hubungan IBMdan Microsoft pun dihentikan.IBM akhirnya melanjutkan pengembangan OS/2, sementara Microsoft mengganti nama sistem operasi OS/2 versi 3.0 (yang belum dirilis) menjadi Windows NT. Keduanya masih memiliki hak untuk menggunakan teknologi OS/2 dan Windows yang sudah dibentuk sampai pemutusan persetujuan; akan tetapi, Windows NT benar-benar ditulis sebagai sebuah sistem operasi yang baru dan sebagian besar kode bebas dari kode IBM OS/2.
Setelah versi 1.3 dirilis untuk untuk membenarkan beberapa masalah dalam OS/2 versi 1.x, IBM akhirnya merilis OS/2 versi 2.0 pada tahun 1992. Versi 2.0 ini menawarkan peningkatan yang signifikan, yakni sebuah GUI berorientasi objek, yang disebut dengan WPS (Workplace Shell), yang mencakup di dalamnya sebuah dekstop dan dianggap oleh banyak orang merupakan fitur terbaik di dalam OS/2.Microsoft pun akhirnya "menjiplak" beberapa elemen dari Workplace Shell pada sistem operasi Windows 95 yang dirilis tiga tahun kemudian.Versi 2.0 juga menawarkan API yang mendukung penuh instruksi 32-bit milik Intel 80386, sehingga menawarkan fitur multitasking yang bagus dan mampu mengalamatkan memori hingga 4 gigabyte.Meskipun demikian, banyak hal di dalam internal sistem masih menggunakan kode 16-bit, yang mengharuskan device driver juga harus ditulis dengan menggunakan kode 16-bit juga, selain tentunya beberapa hal internal lainnya.Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa OS/2 kekurangan driver perangkat keras. Versi 2.0 juga mampu menjalankan aplikasi DOS dan Windows 3.0, karena memang IBM juga masih memiliki hak untuk menggunakan kode DOS dan Windows setelah "perceraian" hubungan antara mereka.[CAS05].







0 comments: